Laporan Prakerin - TEKNOKOMID

Saturday, November 11, 2017

Laporan Prakerin


BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang
Keterampilan Teori dan Praktek dalam Kebijakan Kurikulum berbasis kopetensi 2004, yang mengatur tentang pola penyelenggaraan dan pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN ) dikelola bersama-sama antara SMK dengan Mitra Industri, dan pedekatan pelaksanaan melalui jalur Kelas Industri yang memberikan Kelulusan kepada Peserta Didik dalam Belajar di Sekolah dan Berlatih di Mitra Industri
Dengan secara kusus PRAKERIN ini berlangsung untuk menunjukan antara Keseriusan Kurikulum yang diterapkan di Sekolah dan di Dunia Industri Baik berupa Teoritas maupun Praktis. Setiap Mata Diklat yang di berikan juga di Sekolah Baik secara Tersurat maupun Tersirat dalam bentuk Penilaian Terakhir.
Program Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan suatu Program Akademik / Sekolah yang Wajib dilaksanakan setiap Peserta Diklat di SMK BANGUN BANGSA MABDIRI Gabuswetan yang dilandasi Kurikulum berbasis kompetensi 2004, untuk memenuhi persaratan mengikuti Ujian Nasional (UN), Ujian Sekolah (US), dan Kenaikan Kelas.
2.      Maksud dan Tujuan

a.      Maksud
Maksud diadakannya kegiatan PRAKERIN adalah untuk melatih pribadi-pribadi yang Handal dalam Beraktifitas Kerja Industri, memiliki Pengetahuan yang Luas dan Keterampilan yang Praktis serta Profesional, Cakap dan Tepat Sasaran dalam Bertindak.

b.      Tujuan
Tujuan diadakannya PRAKERIN adalah :
1.      Membentuk pribadi yang Terampil dan mampu Bersaing Dipasar     Tenaga Kerja
2.      Mencetak Output yang Handal Bekerja bersama Tim dan Rekan      Kerja
3.      Menciptakan Kemampuan yang Kreatif dan Berinisiatif Tinggi        dalam Refleksi Dunia Kerja.
3.    Hasil atau manfaat yang dirasakan
Dengan diadakan kegiatan PRAKERIN ini saya mengerti ternyata ilmu itu didapat bukan hanya dari sekolah saja, ada software – software yang saya ketahui selama PRAKERIN yaitu : Adobe Audition bisa disebut dengan program pengelola suara / Audio fungsinya untuk mengedit suara, Sky Driver 9.9 XP fungsinya untuk mengisi Hardware yang belum terbaca di komputer, photoshop fungsinya untuk mengedit foto, merakit komputer dengan cara yang baik dan benar, . Alhamdulillah saya bisa paham dan mengerti beberapa fungsi software tersebut walaupun belum sepenuhnya tahu funsi icon lainnya.




BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
1.         Sekilas Situasi Tempat Prakerin
1.1.  Sejarah Perusahaan      
“LKP Haurgeulis Education Centre (HEC)”  didirikan pada tahun 2006  sebagai lembaga yang bergerak di bidang kursus komputer, akuntansi dan bahasa Inggris. Sebagai lembaga pendidikan non formal, tujuan didirikan LKP ini adalah untuk ikut berpartisipasi memajukan pendidikan dan mempersiapkan SDM sesuai dengan tuntutan kerja dunia usaha dan industri atau mampu bekerja secara mandiri. “LKP Haurgeulis Education Centre (HEC)” mulai mengajukan ijin ke Diknas pada bulan September tahun 2006 dan sampai saat ini telah meluluskan 414 siswa yang saat ini sebagian diantaranya telah diterima kerja di dunia industri dan sebagiannya lagi menempuh jalur wirausaha mandiri.

Adapun legalitas yang sudah dibuat adalah :
Nama Lembaga Kursus          :    LKP HAURGEULIS EDUCATION CENTRE (HEC)
NPWP                                    :    21.105.249.3-437.000
Nomor Ijin                              :    421.10/1199a-Dikmas (Terdaftar)
                                                    421.10/Kep.51-Disdik/2007 (Perpanjangan I)
                                                    421.10/391/Dikmas/2008 (Perpanjangan II)
                                                    421.10/Kep./8/Disdik/2009 (Perpanjangan III)
Nomor Rekening                    :    0004 185765 100
Pimpinan                                :    Hanik Atus Sholikah
Alamat                                    :    Jl. Siliwangi No. 02 RT 15/04 Blok Negla
                                                    Kecamatan Haurgeulis – Indramayu
Telepon / HP                          :    0234 741682 / 085 295 548 397



2.         Peserta dan Tenaga Pendidik
2.1.  Peserta Didik
        Peserta didik berasal dari anak-anak baik usia sekolah, orang yang sudah lulus sekolah tetapi masih belum memiliki keterampilan yang memadai maupun para karyawan instansi baik swasta/negeri di wilayah Kecamatan Haurgeulis dan sekitarnya.

2. 2. Tenaga Pendidik
        Tenaga pendidik (instruktur) untuk program Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH) ini tidak perlu melakukan rekruitmen lagi karena telah tersedia di LKP Haurgeulis Education Centre. Para tenaga pendidik merupakan pratiksi di bidang teknisi komputer khususnya di Kecamatan Haurgeulis.
       
2. 3. Sarana dan Prasarana
        Berikut sarana dan prasarana yang telah dimiliki LKP Haurgeulis Education Centre:
a.      Sarana
No
Nama / Jenis Sarana
Banyaknya
Kegunaan
1
Komputer + Meja & kursi
2 unit
Jasa Pengetikan dan Tata Usaha
2
Printer
1 unit
Jasa Pengetikan dan Tata Usaha
3
Scanner
1 unit
Jasa Pengetikan
4
Speaker Aktif
1 unit
Hiburan
5
Komputer + meja & kursi
5 unit
Kegiatan Belajar komputer
6
Komputer + meja & kursi
5 unit
Praktek merakit komputer
7
Meja + Kursi Instruktur
1 buah
Untuk instruktur
8
Meja Kerja
1 buah
Penerima tamu & Meja Pimpinan
9
White Board
4 buah
Untuk proses belajar, papan  informasi organigram
10
Lemari
1 buah
Penyimpanan arsip
11
Rak Buku
1 Buah
Perpustakaan kecil
12
Etalase
1 Buah
Penyimpanan aksesoris komputer
14
Kursi dan meja tamu
1 set
Penerimaan tamu

3.         Potensi DU/DI atau Instansi Dalam Rangka Program Prakerin
   Potensi DU/DI yang kami tempati sebenarnya banyak, tapi soal mutu tak usah di ragukanm lagi karena rata-rata kecepatan dan ketelitian selalu di utamakan. Sebenarnya walaupun sudah bagus tapi kami rasa masih ada sedikit kekurangan, yaitu terbatasnya jumlah komputer dan terbatasnya ruangan, kalau saja ruangannya lebih besar dan komputernya di tambah pasti usaha yang dijalankan akan lebih maju.
            Dan kami rasa internet juga harus di jalankan mengingat tempat  yang cukup strategis. Saya rasa kedepan potensi DU/DI yang kami tempati akan lebih maju dan luas lagi.



4.         Jurnal Kegiatan Prakerin




BAB III
KEGIATAN DI LIDI PRODUKSI
1.      Tempat dan Lama Waktu Penugasan
a.        Tempat Pelaksanaan Prakerin
Tempat Pelaksanaan Prakerin SMK BANGUN BANGSA MANDIRI Gabuswetan 2011/2012 dilaksanakan di berbagai Tempat Industri dan Instansi. Akan tetapi tempat kami melaksanakan Prakerin di LKP Haurgeulis Education Center (HEC).
Jl. Siliwangi No. 02 Rt. 15/04 Blok Negla Kecamatan Haurgeulis-Indramayu.
IDENTIAS DUNIA USAHA / INDUTRI
Nama Perusahaan / Instansi      :  LKP H E C ( Haurgeulis Education                                 Center )
Alamat                                      :  Jl. Siliwangi No. 02 Rt. 15/04 Blok                                  Negla Kecamatan Haurgeulis-                                                   Indramayu.
No. Telephone                          :  0234 741682 / 085 295 548 397
Nama Pemimpin Perusahaan    :  Hanik Atus Sholikah

Nama Pembimbing                   :  Urip Hidayaullah

b.        Waktu Pelaksanaan Prakerin
Waktu Pelaksanaan PRAKERIN SMK BANGUN BANGSA MANDIRI Gabuswetan dilaksanakan selama dua Bulan, terhitung dari tanggal 26 Desember sampai dengan 26 Februari 2011/2012.







2.            Macam Kegiatan dan Uraian Lengkap
2.1.  Microsoft Office
A.       Microsoft Word
1.         Fungsi Tool Word Option 
Microsoft Word 2007 menawarkan berbagai macam pilihan yang dapat disesuaikan yang memungkinkan Anda untuk membuat Firman bekerja yang terbaik untuk Anda.Untuk mengakses pilihan yang dapat di sesuaikan : Klik Office Button >
Klik Opsi Word



        


















Ø  Populer
   Fitur-fitur ini memungkinkan anda untuk mempersonalisasikan lingkungan kerja Anda dengan bahasa, skema warna, nama pengguna dan memungkinkan Anda untuk mengakses fitur Live Preview. Fitur Live Preview memungkinkan Anda untuk melihat hasil desain dan menerapkan perubahan format tanpa benar-benar mengaplikasikannya.

Ø  Tampilan
   Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengubah bagaimana isi dokumen ditampilkan pada layar dan ketika dicetak. Anda dapat memilih untuk menampilkan atau menyembunyikan elemen halaman tertentu.


























Ø  Pemeriksaan
   Fitur ini memungkinkan Anda mempersonalisasikan bagaimana memperbaiki kata dan format teks Anda. Anda dapat menyesuaikan pengaturan otomatis koreksi dan telah mengabaikan kata kata tertentu atau kesalahan dalam dokumen.

Ø  Simpan
   Fitur ini memungkinkan Anda mempersonalisasikan bagaimana dokumen Anda disimpan. Anda dapat menentukan seberapa sering Anda ingin menyimpan otomatis untuk menjalankan dan di mana Anda ingin dokumen yang disimpan.












Ø  Lanjutan
   Fitur ini memungkinkan Anda untuk menentukan pilihan untuk mengedit, menyalin, paste, menampilkan, mencetak, dan menyimpan.



















Ø  Sesuaikan
   Sesuaikan memungkinkan Anda untuk menambahkan fitur ke Quick Access Toolbar. Jika ada alat yang sering memanfaatkan Anda, Anda mungkin ingin menambahkan ini ke Quick Access Toolbar.















2.         Editing Text 
a.         Mengetik dan menyisip kanteks.
     Untuk memasukkan teks, hanya mulai mengetik! Teks akan muncul di mana kursor berkedip berada. Pindahkan kursor dengan menggunakan tombol panah pada keyboard atau posisi mouse dan mengklik tombol kiri. Cara pintas keyboard yang tercantum di bawah ini juga membantu ketika bergerak melalui teks dari dokumen:
FUNGSI
CARA CEPAT
PINDAH AKSI
KEYSTROKE
AWAL BARIS
HOME
AKHIR BARIS
END
ATAS DOKUMEN
CTRL + HOME
AKHIR DOKUMEN
CTRL + END
b.        Memilih Teks
     Untuk merubah attributes teks harus disorot dahulu. Pilih teks dengan menyeret mouse ke teks yang diinginkan sambil menjaga tombol kiri mouse depresi, atau tahan tombol SHIFT pada keyboard ketika menggunakan tombol panah untuk menyorot teks. Tabel berikut berisi cara pintas untuk memilih sebagian dari teks:
Fungsi
Cara cepat
Seleksi
Technique
Seluruh Kata
Klik Dua Kali Dalam Kata
Seluruh Ayat
Triple-Klik Dalam Ayat
Beberapa Kata Atau Baris
SHIFT + Arah Panah Pada Kyboard
Seluruh Dokumen
Pilih Edit | Pilih | Pilih Semua Dari Ribbon, Atau Tekan Ctrl + A
Hapus centang pada teks dengan mengklik di manapun di luar seleksi pada halaman atau tekan tombol panah pada keyboard.
Ø  MemasukkanTeksTambaha
Teks dapat dimasukkan dalam dokumen pada setiap titik menggunakan salah satu metodeberikut:
Jenis Teks: Tempatkan kursor di mana Anda ingin menambahkan teks dan mulai mengetik
Copy dan Paste Teks: Sorot teks yang ingin Anda copy dan klik kanan dan klik Copy, meletakkan kursor Anda di mana Anda ingin teks dalam dokumen dan klik kanan dan klik Paste.
Potong dan Tempel Teks: Sorot teks yang ingin Anda copy dan klik kanan dan klik Cut, meletakkan kursor Anda di mana Anda ingin teks dalam dokumen dan klik kanan dan klik Paste.
Drag Teks: Sorot teks yang ingin Anda pindahkan, klik dan tarik ke tempat di mana Anda ingin teks dalam dokumen.
Anda akan melihat bahwa Anda juga dapat menggunakan grup Clipboard pada Pita.









c.         Menata ulang Blok Teks
Untuk mengatur ulang teks dalam dokumen, Anda dapat memanfaatkan Grup Clipboard pada Home Tab dari Ribbon. Menyisipkan gambar dari clipboard grup berlabel

   
    Pindahkan teks: Potong dan Tempel atau Tarik seperti yang ditunjukkan di atas

       Salin Teks: Salin dan Tempel seperti di atas atau menggunakan grup Clipboard pada Pita

  
     Paste Teks: Ctrl + V (tahan CTRL dan "V" kunci pada waktu yang sama) atau menggunakan grup Clipboard untuk Paste, Paste Special, atau Paste sebagai Hyperlink









d.        Menghapus Blok Teks
Gunakan tombol BACKSPACE dan DELETE tombol pada keyboard untuk menghapus teks. Backspace akan menghapus teks di sebelah kiri kursor dan Hapus akan menghapus teks ke kanan. Untuk menghapus banyak pilihan teks, sorot menggunakan salah satu metode yang diuraikan di atas dan tekan tombol DELETE.
e.         Cari dan Ganti Teks
Untuk mencari kata tertentu atau frase dalam sebuah dokumen:
Ä  Klik Temukan tentang Kelompok Mengedit pada Pita
     Untuk mencari dan mengganti kata atau frase di dokumen, klik Ganti tentang Kelompok Mengedit dari Ribbon.



Ä  Undo Perubahan
Untuk membatalkan perubahan:
     Klik Tombol Undo pada Toolbar Akses Cepat

f.         Gaya
Gaya adalah alat format yang meningkatkan tipografi yang meliputi font, ukuran font, efek (tebal, miring, garis bawah, dll), warna dan banyak lagi. Anda akan melihat bahwa pada Home Tab dari Ribbon, bahwa Anda memiliki beberapa daerah yang akan mengendalikan gaya dokumen Anda: Font, ayat, dan Styles.




Ä  mengubah jenis huruf font:

    
Klik panah di sebelah nama font dan memilih font.



Ingat bahwa Anda dapat melihat bagaimana font baru akan terlihat dengan menyorot teks, dan melayang di atas jenis huruf font baru.








Ä  Untuk mengubah ukuran font:

     Klik panah di sebelah ukuran font dan pilih ukuran yang sesuai, atau
     Klik kenaikan atau penurunan ukuran tombol huruf.



Ä  Font Styles dan Efek
Gaya font pilihan format standar yang digunakan untuk menekankan teks. Mereka termasuk: Bold, Italic, Underline dan. Untuk menambahkan ini ke teks:
     Pilih teks dan klik Font Styles disertakan pada font grup dari Ribbon, \atau
Pilih teks dan klik kanan untuk menampilkan font yang alat



Ä  Mengubah Warna Teks
Untuk mengubah warna teks:
·         Pilih teks dan klik tombol Warna disertakan pada Group Font dari Ribbon, atau
·         Sorot teks dan klik kanan dan memilih alat warna.
·         Pilih warna dengan mengklik panah bawah di samping tombol warna font.


Ä  Sorot Teks
Menyorot teks memungkinkan Anda untuk menggunakan menekankan teks seperti yang akan Anda jika Anda memiliki penanda. Untuk menyorot teks:
Pilih teks Klik Tombol Highlight pada Grup Font dari Ribbon, atau Pilih teks dan klik kanan dan pilih alat sorot

Untuk mengubah warna stabilo klik pada panah bawah di sebelah tombol highlight.


Ä  copy Format
Jika Anda telah diformat teks yang Anda inginkan dan ingin bagian lain dari dokumen yang memiliki format yang sama, Anda dapat menyalin format. Untuk menyalin format, lakukan hal berikut:
Pilih teks dengan format yang ingin Anda salin. Copy format dari teks yang dipilih dengan mengklik tombol Format Painter pada Kelompok Clipboard Home Tab dari

Terapkan format disalin dengan memilih teks dan mengkliknya.



Ä  Jelas Formatting
Untuk menghapus format teks:
     Pilih teks yang ingin Anda untuk menghapus format
     Klik kotak dialog Styles tentang Kelompok Gaya pada Home Tab
     Klik Bersihkan Semua




B.       Microsoft Exel
1.         LEMBAR KERJA MICROSOFT EXCEL 2007
Microsoft Excel 2007 memiliki tampilan antarmuka berbeda dari versi – versi sebelumnya. Daftar perintah yang biasa dikelompokkan dalam menu, kali ini dikelompokkan dalam beberapa tab yaitu : Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, dan View.
Masing-masing kategori memiliki toolbar yang dikelompokkan sesuai dengan kriterianya dan dapat diakses secara cepat dan mudah. Selengkapnya tentang lembar kerja atau tampilan antarmuka Excel 2007 ditunjukkan pada gambar berikut:















2.         Tombol Penggerak Pointer Microsoft Excel
Untuk anda dapat bekerja dengan baik dan cepat dalam Excel 2007, anda dapat memanfaatkan beberapa konfigurasi khusus untuk menggerakkan pointer/kursor. Berikut daftar tombol-tombol penggerak pointer :



TOMBOL
FUNGSI
Anak panah kanan (→)
Menggerakkan pointer satu cell ke kanan
Anak panah kiri (←)
Menggerakkan pointer satu cell ke kiri
Anak panah bawah ( ↓ )
Menggerakkan pointer satu cell ke bawah
Anak panah atas ( ↑ )
Menggerakkan pointer satu cell ke atas
Page Down
Menggulung dokumen satu layar ke bawah
Page Up
Menggulung dokumen satu layar ke atas
Ctrl + →
Pointer ke kanak ke akhir data (tanpa selang)
Ctrl + ←
Pointer ke kiri ke akhir data (tanpa selang)
Ctrl + ↓
Pointer ke bawah ke akhir data (tanpa selang)
Ctrl + ↑
Pointer ke atas ke akhir data (tanpa selang)
Home
Pointer ke awal baris
Ctrl + Home
Ke awal worksheet (A1)
Ctrl + End
Ke akhir sebuah data (bedakan dengan data tanpa selang)
Alt + Page Down
Menggulung dokumen satu layar ke kanan
Alt + Page Up
Menggulung dokumen satu layar ke kiri
Ctrl + Page Down
Pindah ke sheet berikutnya
Ctrl + Page Up
Pindah ke sheet sebelumnya
Ctrl + F6
Pindah ke workbook berikutnya, untuk kembali ke workbook sebelumnya tekan Ctrl + F6
F6
Berpindah antar jendela jika jendela di bagi dua
Tab
Menggerakkan pointer dalam worksheet yang diproteksi
3.         Intruksi-intruksi Blok Ms. Excel 2007
Ä  Intruksi menggunakan Mouse
PERINTAH
FUNGSI
Klik batang kolom (Column Headers)
Memblok 1 kolom
Klik batang baris (Row Headers)
Memblok 1 baris
Klik + Seret mouse (drag)
Memblok sekumpulan data (range)
Ctrl + Klik atau seret
Memblok beberapa range



Ä  Intruksi menggunakan keyboard
TOMBOL
FUNGSI
Shift + Anak panah kanan
Memblok 1 cell ke kanan
Shift + Anak panah kiri
Memblok 1 cell ke kiri
Shift + anak panah bawah
Memblok 1 cell ke bawah
Shift + Anak panah atas
Memblok 1 cell ke atas

4.         Mengenal Kolom, Baris, Cell dan Range Microsoft Excel 2007
Setiap worksheet terdiri dari kolom dan baris. Nama kolom diawali dengan huruf A, B, C, dan seterusnya. Nama baris diawali dengan angka 1, 2, 3, dan seterusnya. Perpotongan antara Kolom dan Baris disebut Cell. Nama Cell dituliskan berdasarkan nama Kolom dan Baris.
Contoh
Cell A1 => merupakan perpotongan antara kolom A dan baris 1 Cell D4 => merupakan perpotongan antara kolom D dan baris 4 Nama Cell berguna untuk menentukan penggunaan rumus dan pengolahan data terhadap cell yang bersangkutan dan memudahkan penulisan rumus/formula.
Contoh:
Perkalian antara cell A1 dan D4 dapat dituliskan dengan =A1*D4
Gabungan/kumpulan dari beberapa cell biasa disebut dengan Range.
Contoh;                                                       
Range (A1:D4) => merupakan hasil seleksi/gabungan cell A1 sampai D4. Range (D7:H10) => merupakan hasil seleksi/gabungan cell D7 sampai H10. Range berguna untuk mendefinisikan beberapa cell untuk operasi aritmatika ataupun statistik.
Contoh:
=SUM(A1:D10) => merupakan perintah untuk menjumlahkan cell pada jangkauan/range A1 sampai D10.
Ä  Cara Menambah Cell Microsoft Excel 2007
Untuk menambahkan cell baru didalam worksheet dapat dilakukan dengan cara:
·         Klik tab Home
·         Pilih kategori Cells
·         Klik tanda panah pilihan insert
·         Pilih Insert Cells
·         Pilih salah satu opsi pilihan yang tampil
·         Klik OK
Ä  Cara Menambah Garis pada Ms. Excel 2007
Untuk menambahkan baris baru didalam worksheet dapat dilakukan dengan cara:
·         Klik tab Home
·         Pilih kategori Cells
·         Klik tanda panah pilihan insert
·         Pilih Insert Sheet Rows
Ä  Cara Menambah Kolom Microsoft Excel 2007
Untuk menambahkan kolom baru didalam worksheet dapat dilakukan dengan cara:
·         Klik tab Home
·         Pilih kategori Cells
·         Klik tanda panah pilihan insert
·         Pilih Insert Sheet Columns
5.         Menulis Teks Dan Angka Dalam Cell Microsoft Excel 2007
Untuk menuliskan teks dan angka dalam sebuah cell dapat kita lakukan dengan mudah, cukup dengan seleksi cell yang ingin diisikan teks/rumus dan ketikkan isinya.
Excel mengijinkan beberapa jenis pemasukan data antara lain :
·         Labels : Teks berisi keterangan seperti nama, alamat dan keterangan lain. Untuk menuliskan tipe data ini cukup dengan klik cell yang akan diisi data, kemudian ketikkan teks yang akan ditampilkan
·         Numbers : Teks berupa angka seperti 30, -198, 345,5 dan sebagainya. Untuk menuliskan tipe data ini cukup dengan klik cell yang akan diisi data, kemudian ketikkan angka akan ditampilkan. Penulisan karaktek koma(dalam format Indonesia) atau titik(dalam format Inggris) mendefinisikan angka decimal/pecahan.
·         Tanggal dan waktu : Excel mengijinkan penulisan tanggal dan waktu sesuai dengan format yang dikenali. Untuk menuliskan tipe data ini cukup dengan menuliskan teks sesuai dengan format tanggal dan waktu.
Contoh :
Tanggal         : 27/10/2008 atau 27-10-2008, dan sebagainya
Waktu           :  13:30:00
·         Formula : Ekspresi untuk menghitung hasil numeric/teks berdasarkan rumus tertentu. Untuk menuliskan rumus/formula dalam excel dapat dilakukan dengan mengawali isi cell dengan karakter sama dengan (=) kemudian diikuti rumus yang diinginkan.
 menjumlahkan cell A3 dan D9.
àContoh : =A3+D9
Ä  Cara Mengubah Isi Cell Microsoft Excel 2007
Untuk mengubah isi data dari cell dapat dilakukan dengan 3 cara.
Cara 1:
·         Klik cell yang ingin diubah
·         Aktifkan formula bar dengan cara klik diarea formula bar.
Cara 2:
·         Klik dua kali cell yang ingin diubah
·         Kemudian ganti isinya dengan yang baru
Cara 3:
·         Klik cell yang ingin diubah
·         Tekan tombol F2 pada keyboard.
·         Kemudian ganti isinya dengan yang baru



Ä  Cara Menghapus Isi Cell
Untuk menghapus keseluruhan isi dari cell anda dapat lakukan dengan mengaktifkan cell tujuan kemudian tekan Delete. Sedangkan untuk menghapus data dalam sebuah range, dapat dilakukan dengan memblok cell yang akan dihapus, kemudian tekan Delete.

6.         PENGATURAN / FORMAT CELL MS. EXCEL 2007
Untuk mengatur tampilan dan format dari cell dapat dilakukan dengan cara:
·      Klik tab Home
·      Pilih kategori Cells
·      Klik tombol Format
·      Pilih Format Cells (atau dapat juga dengan menekan tombol Ctrl+1). Sehingga akan ditampilkan kotak dialog format cell.
Dalam kotak dialog format cell, terdapat 6 buah tab pilihan format, yaitu :
1.      Numbering
Digunakan untuk mengatur format angka dari cell. Terdapat 12 pilihan kategori
2.      Alignment
Digunakan untuk mengatur perataan dari cell. Terdapat 4 buah pengaturan :



1)        Text alignment
Digunakan untuk mengatur perataan teks,terdapat 2 buah opsi pengatura yaitu:
Horizontal : Perataan secara horizontal
Vertical erataan secara vertical
2)        Text control
Wrap text        : Membuat teks mengikuti ukuran lebar cell
Shrink to fit    : Membuat teks mengecil mengikuti lebar cell
Merge cells      : Menggabungkan cell
3)        Right-to-left
Text Direction : Mengatur arah penulisan teks
4)        Orientation
Mengatur derajat kemiringan dari teks.
3.      Font
Digunakan untuk mengatur karakter huruf dari cell Terdapat 6 buah pengaturan :
1)        Font
Digunakan untuk memilih jenis huruf yang diinginkan.
2)         Font Style
Digunakan untuk memilih gaya penulisan (tergantung font),terdiri dari:
·         Regular
·         Italic (cetak miring) (Ctrl+I)
·         Bold (cetak tebal) (Ctrl+B)
·         Bold Italic (cetak tebal dan miring)



3)        Size
Digunakan untuk mengatur ukuran huruf.
4)        Underline
Digunakan untuk mengatur garis bawah huruf.
5)        Color
Digunakan untuk mengatur warna huruf dan garis bawah.
6)        Effects
Digunakan untuk memberi efek huruf, terdiri dari:
·         Strikethrough : efek coretan
·         Superscript : huruf berukuran kecil diatas karakter umum (seperti pangkat)
·         Subscript : huruf berukuran kecil dibawah karakter umum.
4.      Border
Digunakan untuk mengatur bingkai/garis luar dari cell Terdapat 4 buah pengaturan :
1)        Line
Digunakan untuk mengatur jenis garis
2)        Color
Digunakan untuk mengatur warna garis
3)        Presets
None : tanpa bingkai
Outline : memberi garis luar cell/range.
Inside : memberi garis dalam cell/range
4)        Border
Digunakan untuk memberi garis sesuai arah yang diinginkan.
5.      Fill
Digunakan untuk memberi warna cell. Terdapat 3 buah pengaturan :
1)        Backgroud Color
Digunakan untuk memilih warna latar belakang cell. Tombol pilihan Fill Effect digunakan untuk memberi warna dengan efek tertentu.
2)        Pattern Color
Digunakan untuk memilih warna arsiran dari cell
3)        Pattern Style
Digunakan untuk memilih jenis arsiran untuk cell
6.      Protection
Digunakan untuk melindugi isi cell dengan mengunci dan/atau menyembunyikan rumus didalam cell.

7.      Rumus-Rumus Microsoft Excel 2007
Salah satu kelebihan dari Excel 2007 sebagai program aplikasi pengolah angka adalah kemampuannya untuk melakukan proses penghitungan dengan cepat dan mudah. Untuk melakukan penghitungan, kita bisa menggunakan rumus dan fungsi. Rumus pada Excel mengikuti kaidah kaidah umum, namun penulisannya disesuaikan dengan keyboard. Misalnya kita ingin mengetikkan rumus “ 3×112 “ , maka kita menuliskannya pada Excel dalam bentuk “ 3*11^2 ”. Yang perlu diingat, penulisan rumus pada Excel harus diawali dengan tanda = . Sehingga contoh penulisannya “ =3*11^2 “.
Ä  Cara Menulis Rumus Ms. Excel 2007
Ada beberapa cara untuk menuliskan rumus/formula dalam excel.
Cara 1:
·         Cell untuk mengaktifkan cell yang akan diberi rumus
·         Kemudian ketikkan rumus yang anda inginkan pada formula bar, contoh : =F5-G5
Cara 2:
·         Klik cell untuk mengaktifkan cell yang akan diberi rumus
·         Ketikkan sama dengan (=) pada keyboard. (disertai rumus tertentu jika perlu).
·         Kemudian klik cell tujuan pertama.
·         Ketikkan operator melalui keyboard
·         Kemudian klik cell tujuan kedua.
Cara 3:
·         Klik cell untuk mengaktifkan cell yang akan diberi rumus
·         Klik tombol insert function yang berada disebelah kiri formula bar, sehingga muncul kotak dialog.
·         Pada bagian select category pilih kategori rumus.
·         Kemudian pada bagian Select a function pilih rumus/fungsi yang diinginkan.
·         Klik tombol OK, dan isikan data yang diperlukan.
·         Klik OK.
Ä  Cara Menyalin Rumus Excel
Ada 2 cara untuk menyalin rumus dari satu cell ke alamat cell lain:
Cara 1:
·         Klik/Blok cell yang akan disalin
·         Klik tab Home
·         Pilih kategori Clipboard
·         Klik tombol Copy (Ctrl+C)
·         Klik/Blok cell tempat penyalinan
·         Klik tombol Paste (Ctrl+V)
Cara 2:
·         Klik/Blok cell yang akan disalin
·         Arahkan ke pojok kanan bawah dari cell sehingga akan muncul tanda kursor +
·         Drag kursor kearah cell akan disalin (kanan/kiri/atas/bawah).
Ä  Operator Aritmatika
Operator Aritmatika dipakai untuk penghitungan dasar-dasar matematika, misalnya penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan lain lain.
Macam macam operator aritmatika:
Tabel operator di sini
Hierarki adalah urutan pelaksanaan eksekusi suatu operasi jika terdapat beberapa operator sekaligus dalam satu rumus. Untuk mempengaruhi urutan hierarki dapat dipengaruhi dengan mengelompokkannya menggunakan tanda kurung.



8.      Fungsi Dalam Excel
Sebagai sebuah pengolah angka yang canggih, Excel 2007 menyediakan bermacam macam fungsi yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.
Kategori fungsi yang disediakan antara lain :
·         Fungsi Financial. Untuk mengolah data keuangan
·         Fungsi Date & Time. Untuk mengolah data tanggal dan waktu.
·         Fungsi Math & Trig, untuk mengolah data matematika dan trigonometri.
·         Fungsi Statistical, untuk mengolah data statistik.
·         Fungsi Lookup dan Reference, untuk mengolah data berdasarkan tabel & data referensi.
·         Fungsi Database, untuk mengolah database.
·         Fungsi Text, untuk memanipulasi teks.
·         Fungsi Logical, untuk pengolahan data yang memerlukan pilihan pilihan logika.
·         Fungsi Information, untuk mendapatkan informasi pada sel atau range.
·         Fungsi Engineering, untuk pengolahan data teknik.
Masing-masing kategori fungsi terdiri atas beberapa fungsi yang berbeda satu sama lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa Excel 2007 menyediakan banyak sekali fungsi dan sangat lengkap jenisnya.



Ä  Fungsi yang sering digunakan dalam ms. Excel

1.      SUM
Bentuk penulisan fungsi SUM adalah
=Sum(angka1;angka2;…)
Contoh
=Sum (3;10;1) => hasilnya 14
Jika Sum untuk menjumlah sel
=SUM(Sel1;Sel2;…)
Contoh:
=SUM(A1;B6;C8)
Jika Sum untuk menjumlah range
=SUM(range)
Contoh:
=SUM(A1:A5) => menjumlahkan Range A1 sampai A5
2.      AVERAGE
Digunakan untuk menghitung rerata/ rata-rata.
Bentuk penulisannya adalah
=AVERAGE(nilai1;nilai2;…)
Contoh:
=AVERAGE(2;4;3) => hasilnya adalah 3
=AVERAGE(A1:A5) => mencari nilai rata-rata dari isi sel A1 sampai A5
3.      MAX
Digunakan untuk mencari nilai maksimal dari satu set data
Bentuk penulisannya adalah
=MAX(nilai1;nilai2;…)



Contoh:
 hasilnya adalah 10
à=MAX(2;4;10;6;8)
 akan mencari nilai maksimal dari A1 sampai A5
à=MAX(A1:A5)
4.      MIN
Digunakan untuk mencari nilai minimal dari satu set data
Bentuk penulisannya adalah
=Min(nilai1;nilai2;…)
Contoh
 hasilnya adalah 2
à=MIN(2;4;10;6;8)
 akan mencari nilai minimal dari A1 sampai A5
à=MIN(A1:A5)
5.      COUNT
Digunakan untuk menghitung berapa buah argumen yang berisi data numerik
Bentuk penulisannya adalah
=COUNT(argumen1;argumen2;…)
Contoh
 Hasilnya adalah 3
à=COUNT(2;”A”;”B”;5;7)
Ä  Fungsi Logika Microsoft Excel
1.      NOT
Jika nilai argumen logika nya TRUE maka hasilnya akan bernilai NOT. Demikian juga sebaliknya.
Bentuk penulisannya
=NOT(nilai logika)
Contoh
=NOT(4>5) => hasilnya adalah TRUE



2.      AND
Dipakai untuk menggabungkan nilai logika dari beberapa nilai logika menjadi satu nilai logika baru. Hasilnya akan bernilai TRUE bila seluruh logika yang digabungkan bernilai TRUE.
Bentuk penulisannya adalah
=AND(logika1;logika2;…)
Contoh =AND(5>1;3<7) => akan bernilai TRUE
3.      OR
Sama dengan logika And namun, untuk logika Or hasilnya akan bernilai TRUE jika salah satu nilai logika yang digunakan bernilai TRUE. Akan bernilai False bila tidak ada nilai logika yang bernilaiTRUE.
Bentuk penulisannya adalah :
=OR(logika1;logika2;…)
Contoh:
=OR(5>1;9<7) => bernilai TRUE
=OR(5<1;9<7) => bernilai FALSE
4.      IF
If adalah fungsi logika untuk memilih satu dari dua nilai berdasar pengujian logika.
Bentuk penulisannya
=IF(UjiLogika;nilaiJikaBenar;NilaiJikaSalah)
Contoh:
=IF(E4> Akan menghasilkan “Lulus” jika E4
à80;”Lulus”;”Gagal”) >80,jika E4 kurang dari 80 maka hasilnya “Gagal”.
Selain dapat digunakan untuk menghitung angka dan statistik, Excel juga dapat digunakan untuk pengolahan sederhana.
C.       MenginstalBottom of Form
CDROM/DVDROM drive
·         RAM 128 MB
-        Sebelumnya kamu membutuhkan CD master Windows XP terlebih dahulu kemudian masukan di CDROM/DVDROM kamu. Lalu restart komputer kamu, kemudian nampak tampilan seperti gambar lalu tekan tombol Delete pada keybord agar kamu dapat masuk di BIOS(Basic Input Output System) komputer. Pada beberapa jenis Mainboard harus menekan tombol F2 pada keyboard. Kamu dapat melihatnya pada perintah Press DEL to run Setup.


-        setelah itu la
lu proses dan nanti akan merestart sendiri lalu Bila proses instalasi langkah 1 → 10 benar maka akan tampil seperti gambar.
-        Setelah itu kamu akan sampai pada layar berikut dibawah ini lalu Click Next.
-        Lalu isikan dengan Nama dan Organisasi Kamu kemudian tekan Next.
-        Disini Kamu akan mengisikan Produk Key atau Serial Number dari type windows Kamu tekan Next lagi.

-        Isikan nama komputer dan password untuk mengaksesnya lalu tekan Next.jika tidak ingin diberi password maka langsung saja klik next

-        Set Time Zone pada posisi (GMT+7) klik Next.


-        Typical settings: Pada option ini settingan jaringan akan dibuat default windows dan Custom settings: Untuk mensetting jaringan kamu secara manual lalu klik Next.
-        Bila Kamu terhubung kejaringan local dengan domain pilih option Yes, lalu isi dengan nama DOMAIN yang sama dengan DOMAIN jaringan Kamu dan sebaliknya jika tidak terhubung kejaringan atau terhubung tapi tanpa DOMAIN pilih option No, sekali lagi tekan Next.

-        Selanjutnya Kamutinggal mengklik Ok,Next,Skip dan Finish juga diminta mengisikan nama kamu. hingga Kamu berada pada tampilan Dekstop Windows seperti ini. Sekarang Kamu tinggal menginstal driver hardware CPU Kamu.


Komputer




BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
1.      KESIMPULAN
a.     Kesimpulan
     Laporan ini dibuat untuk memberikan gambaran tentang LKP HEC secara menyeluruh. Kami menyadari masih banyak kekurangan dalam pembuatan laporan ini. Kekurangan tersebut akan saya  usahakan untuk memperbaiki sambil berjalan. Sebagai salah satu putra daerah kami akan berusaha untuk memberikan hal terbaik untuk kemajuan masyarakat sebagai salah satu kepekaan sosial.
     Kepuasan konsumen adalah hal yang paling kami perhatikan karena konsumen kami adalah raja, apabila konsumen merasa puas maka kami yakin mereka akan memberitahukan kepada yang lainnya. sehingga kami dapat bertahan menjadi pemimpin pasar di wilayah sendiri.
     Akhirnya kami ucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada kami, insya Allah kami akan amanah mengemban amanat yang diberikan.
b.    Harapan
     Harapan penulis adalah bahwa laporan yang penulis buat selama PRAKERIN di LKP Haurgeulis Education Centre (HEC) ini bisa memberikan gambaran kepada masyarakat dan instansi yang terkait, sehingga penulis dapat membantu pelajar/masyarakat umum untuk mendapatkan keterampilan yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi tantangan dunia saat ini. Dengan demikian mereka mempunyai kesempatan untuk memperbaiki taraf kehidupan mereka sendiri.
     Tanpa adanya kerjasama baik instansi pemerintah, perusahaan, swasta, maupun masyarakat mustahil peningkatan mutu sumber daya manusia ini dapat berjalan dengan baik, karena itu harapan kami adalah semua unsur dapat saling bantu membantu dan bekerja sama untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.



2.      Saran
Berikut adalah beberapa saran penulis untuk sekolah maupun untuk tiap-tiap jurusan yaitu :
Ä  Harapan penulis supaya kedisiplinan sekolah di tegaskan;
Ä  Proses pembelajaran di tingkatkan;
Ä  Tiap jurusan harus diaktifkan praktek saat jam praktek;
Ä  Menambah jumlah alat yang berkaitan dengan jurusan;
Ä  Dan juga agar guru-guru selalu memberikan motivasi dan bimbingan kepada siswa-siswi SMK BANGUN BANGSA MANDIRI (BBM);

No comments:

Post a Comment

Berikan Komentar Yang Sopan,
Di larang saling menghina, dalam bentuk apa pun,
Di larang menggunakan link aktiv, (admin akan Hapus)
Jangan memakai akun anonymouse..
Di larang Spam,

Thanks Admin